Kebutuhan di bulan Ramadhan dapat
dikatakan lebih banyak dari hari-hari biasanya. Terbukti dari lonjakan
permintaan yang semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan pokok, seperti sembako.
Terutama bagi umat muslim, meskipun menjalankan ibadah puasa, tapi nyatanya
lebih konsumtif daripada sebelumnya.
Hal lain berkenaan dengan pakaian
baru yang juga identik dengan lebaran. Semakin melengkapi kebahagian lebaran dengan
mengenakan pakaian serba baru. Apalagi di kalangan anak-anak, keceriaan mereka semakin
terlihat manakala mengenakan baju, celana, dan sendal baru. Mungkin bagi
sebagian besar orang, semua itu sudah menjadi kebutuhan ‘pokok’ yang harus
dimiliki. Iyah, tidak semua beranggapan sama.
Berdasarkan fenomena itu, maka harga
pasar menjadi bergejolak dan semakin tidak terkontrol. Peningkatan permintaan
akan mempengaruhi harga. Dari sisi penjual ini akan menjadi momen yang bagus, di
mana bertambahnya jumlah permintaan akan menambah keuntungan bagi mereka. Namum
berdampak pada persaingan antar penjual yang menjadi semakin ketat.
Menghadapi kondisi ini, maka para
penjual menerapkan beberapa cara untuk menarik minat pembeli. Diantaranya mengadakan
promo, ataupun memberikan potongan harga (diskon) dengan besaran tertentu. Dalam kasus ini berupa diskon untuk pakaian. Dan, besarnya diskon tentunya tidak sama untuk setiap jenis
pakaiannya. Paling dominan dapat dibedakan berdasarkan merk dari pakaian itu
sendiri.
Saya mengambil sampel dari beberapa Mall besar di Malang, antara lain:
Matahari, Royal, dan Ramayana.
Matahari
Royal
Ramayana
Beberapa promo yang dijumpai
seperti: Beli 1 Gratis 1, Beli 2 Gratis 1, Belanja Rp. 300 ribu dapat Rp.
100 ribu (berupa struk diskon dan berlaku untuk produk bertanda khusus).
Sedangkan untuk diskon, mulai dari 20%,
30%, 40%, 70%, 50%+20%, 50%+40%, maupun dengan membeli satu dapat diskon 20%, dan membeli 2
dapat diskon 50%.
Jika semua itu dapat diperoleh dengan
melakukan pembelian secara langsung. Berbeda lagi bagi pembeli yang suka
berbelanja online. Tertuma bagi yang ingin efisiensi waktu dan tanpa perlu
repot ke luar rumah untuk membelinya. Karena cukup mudah, pilih barang, klik
order dan tinggal tunggu barang sampai di rumah.
Khusus yang suka berbelanja
online, tidak perlu khawatir ketinggalan diskon
khusus Ramadhan.
Seperti misalnya di toko online Zalora, sudah tidak asing lagi, bukan?.
Di sana bahkan memberikan penawaran spesial diskon up to 60%. Ragam pilihannya juga banyak
dan kualitasnya pun terjamin, tinggal menyesuaikan selera pembeli. Bagi
yang berminat, silahkan kunjungi langsung webnya di http://www.zalora.co.id.
Itulah beberapa fenomena promo dan diskon di bulan Ramadhan. Dengan adanya promo dan diskon ini, maka sudah
pasti dapat mempengaruhi keinginan pembeli untuk berbelanja dan bahkan dalam
jumlah besar sekaligus. Memang, cara ini sangat efektif untuk menarik minat pembeli.
Tak berbeda jauh di tempat-tempat
lain juga seperti itu. Mudah dijumpai promo dan diskon yang berlangsung selama
bulan Ramadhan. Di lain itu juga berlaku di hari-hari besar lainnya, seperti
Natal, Tahun Baru, Imlek dan lain sebagainya. Konsepnya pun bervariatif, entah disebut
obral besar-besaran, cuci gudang maupun seperti bahasan di atas.
***
Bahan tulisan di atas, saya
peroleh setelah kemarin sore mengunjungi ketiga tempat perbelanjaan tersebut. Ramai
sekali pengunjungnya dan banyak dipadati pembeli dari berbagai kalanangan. Baik laki-laki, maupun perempuan. Mulai
anak muda, remaja, mahasiswa, ibu-ibu dan beserta keluarganya. Jika
diperhatikan, mereka begitu antusias sekali dalam mencari pakaian yang
diinginkan.
Semua foto hasil dokumentasi saya
pribadi. Oh iyah, mohon maaf bagi pihak terkait, karena saya sudah lancang
mengambil gambar di sana. Tapi tidak bermaksud buruk, saya jamin tidak. Ngomong-ngomong
saya sempat kena tegor tiga kali, pas kedapatan jepret, hhehe. Jadi sebagian
besar diambil tanpa kesadaran pihak yang berkepentingan di dalamnya. Iyah, kecuali
pembeli yak :D.
Selain kena tegor, saya mengalami
sedikit insiden kecil di Matahari, bagian belakang. Ketika saya melintasi area sendal
perempuan, tanpa disengaja merobohkan tumpukan kardus berisi sendal-sendal. Nggak
tanggung-tanggung, dua tumpukan sekaligus ambruk, hhoho. Sebenarnya sudah
firasat ngena, selain sempit juga semakin sesak akibat ransel yang saya gendong.
Tapi tetap lewat sana, karena dua teman saya (Jefri dan Nisa) bisa melewatinya
dengan mulus.
*)
Ini dia TKPnya, dua tumpuk ambruk :D
Sempat salting juga saat itu,
hhaha. Mbak-mbaknya bilang “Nggak apa-apa, Mas”. Saya tetap bantu merapikan,
meski mereka berulang kali bilang “Biar, Mas, ditinggal saja.”. Lah, benar-benar
nggak enak diri saya. Sudah nggak bawak barang belanjaan (iyah, nggak beli,
haha), eh malah bikin repot saja. *getok sendal ke diri
sendiri
Sementara dua teman saya itu
ngapain coba?, mereka hanya berdiri saja sambil milih-milih sendal, seakan tidak
terjadi apa-apa. Tingkah si Jefri malah bergeming “Nggak
kenal, bukan temanku, nggak kenal”, terus sampai beres semua, hhaha. Saya jadi gak tahan ketawa melihat
ekspresi buang muka dia, yang sambil cengecengas itu. Iyah, saya berusaha enjoy
saja, padahal malu, hihi. Maaf yah, Mbak-mbak, maaf. Saya
nggak sengaja, suer :D.
Perhatian: dihimbau tidak menilai dari
sudut pandang yang berbeda, mengenai promo dan diskon. Postingan di atas hanya
bermaksud membahas potret dari fenomena adanya
promo dan diskon, yang kerap kali ditemui selama bulan Ramadhan. Selain itu, tidak
bertujuan memberikan perbandingan atau ingin mempengaruhi pembeli secara khusus.
Tidak. Semua kembali kepada minat dan selera masing-masing.
Bagaimana di tempat perbelanjaan dekat rumah kalian, banyak diskon juga, kan?
Richo A. Nogroho
Malang, 23 Juli
2014
Rabu, 23 Juli 2014
/
/
Label :
Pengamatan
wah,,bener2 bertabur diskon ya,,,kalau aku masih mikir aja dulu,,,nggak ada uang,,,
BalasHapusIyah, Mbak, hampir di setiap sudut bertulisankan diskon, ataupun promo tertentu. THRan, Mbak :D
HapusSaya juga masih mikir dulu kapan pulang ke tanah air sebelum nantinya belanja ke tempat yang penuh diskon seperti itu.
HapusKalau boleh saran, beli di sana saja, Mas, buat oleh-oleh, nanti bagi ke saya juga. hhaha modus :D :D
HapusDi sini mahal-mahal. Mungkin imbas dari melemahnya rupiah, he-he.
HapusWua, begitu yah, Mas. harus pintar ngatur keuangan yah, Mas :)
Hapuswah... laporan penelitian ya.. benar-benar rinci. hebat.! :)
BalasHapusMengamati yang sekarang banyak diburu, Mas, hehhe.
HapusSudah menjadi tradisi nih mas. Bertabur discount saat menjelang lebaran. Ini merupakan trik jitu para pedagang hehe
BalasHapusBenar sekali, Mas Nady. momen yang saling ditunggu, baik dari penjual, maupun pembeli.
Hapusdikasihlah diskon yang besar, padahal sebelumnya harganya dinaikin dulu sebelum diskon ditempel :p
BalasHapuspolitik dagang :)
Nggak mau kalah sama pilpres kemarin, politik :D
HapusBisa pusing kalau aku berada di sana ya, banyak orang hihihi, tapi bisa dimaklumi sih kalau diskonnya gede begitu ya :)
BalasHapusSaya juga, Mbak, hihi. desak-desakan, itu masih area yang nggak begitu ramai, Mbak. soalnya jepretnya nyuri-nyuri, kalau di keramaiannya, sungkan juga saya :D. tergiru diskon :D
HapusAku udah belanja duluan, manfaatin diskonan. Daripada belanja entar2 mendekati lebaran rame banget pasti, bisa pecah itu department store-nya. Tapi ya gitu gara2 diskonan duitnya langsung abis begitu aja hehe. Gak kerasa.
BalasHapusSalam dari Galassia del Sogno
Waha, biar gak ketinggalan yah, Mas. biasanya duluan jadi dapat yang 'lebih' bagus, yang lain sisanya, selama stok tidak diperbaharui, hihi. iyah, apalagi di Ramayana, ciri khas salesnya yang unik, ngomong ngitungin waktu, ada yang kepok-kepok, ada yang njingjing tulisan diskon :D. seru lihatnya. nah, itu dia yang bikin bablas :D
HapusSalam juga, Mas :)
Iya nih hehe. Emang seru sih kalo belanja di Ramayana cs -Robinson, Ramayana, Cahaya- tapi entah kenapa aku lebih prefer di Matahari. Secara tempatnya lebih nyaman, kondusif, dan promonya lbh masuk diakal. Abis gitu barang2nya lebih bagusan lagi. Kalo di Ramayana kadang malah bikin ilfeel kalo liat mbak2 salesnya yang alay. Udh yang belanja kaya orang kesurupan, eh yang jualan apa lagi. Berasa hebring bgt. Hehe, sorry jd curhat terselubung nih ceritanya hehe.
HapusHhaha, bisa saja Mas Fathur mah :D. oh gitu yah, tiap pengunjung punya pandangan tersendiri yah. apalagi kalau sudah pengunjung setia, pasti sering di salah satunya, hhehe. hhaha, itu yang bikin heboh, Mas. narik perhatian pengunjung, seru saja ngelihatnya, huihihihi. nggak apa-apa curhat, nggak pakai bayar kok, tapi gak ada diskon. LOH, hhaha.
Hapuswadooohh banyak sekali diskonnya!
BalasHapuske matahari ah
Banyaak, Mas. haha. burusan sebelum kehabisan. haha. ngomporin :D
HapusHalo, mas. Iya, saya jarang sekali bw, ini selagi liburan lama, jadi banyak waktu buat ngeblog :D
BalasHapusSampean niat banget foto2 mal gitu :3. Salut, deh. Pernah beli di zalora juga, barang2nya lumayan terjangkau. Saya sempat ngakak membaca cerita sampean yang menjatuhkan kotak sepatu. Itu kok sempet2nya TKP di foto juga :3 lol
Hai, Mbak Fibi. iyah nih, jarang kelihatan. waha, kembali lagi nih, tadi bahas Amigos yak. hhehe. benar-benar nostalgia :D
HapusHihi, seru merhatikan antusias mereka, mbak. sama, saya juga dan dapat katalog gitu yah, waktu itu dapat katalog untuk baju muslim. hhaha, itu saya ngerasa nggak enak, mbak, hihi. lah, itu posisinya kami bertiga, belum jauh dari sana, dekat, masih jarak satu meteran. soalnya dua temanku lagi milah-milih sendal. jadinay tak sempatin jepret :D
Semangat berbagi sampean top deh :D.
HapusTapi kalau saya jadi pengunjung di tempat yang sama kayak sampean, pasti mikir, "ini orang mulai tadi ngapain, sih, foto2 mulu" :P
Hehe, mbak Fibi mah sampai gitu :D
HapusHuahaha, saya rada sungkan sakjane, Mbak. soalnya ya itu, kadang pas jepret, ada yang ngelihatin, tapi tak tahan saja, huihihi.
wahh mantapp seandainya saya tinggal di malang ikut blnjaa jg..
BalasHapusDi tempat Mas tinggal pasti juga ada, tinggal milih. hhehe :D
Hapushaha...kalau aku jadi temannya richo mungkin akan melakukan hal yg sama, pura2 gak kenal, haha...*BEcanda
BalasHapusMuahaha, ok fix, ok. hhaha, iyah, Mas, mereka juga bercanda, saking akrabnya kami jadi bikin lelucon sendiri. dan bertingkah apa saja, sudah saling tahu. hhaha :D :D
HapusPerang diskon emang kerap terjd ya mas..apalagi mau deker memasukin lebaran kayak gini.. :)
BalasHapusbiasanya waktu belanja kita byk kesita..cz binggung dan ndak puas sama satu depstore aja..
Masalah ditegur petugas pas ngeshot poto..kasus saya udah nggak keitung mas..
tapi sih sekrng udah tau sedikit trik nya..hehe
Berlomba-lomba naraik pembeli, mas, hhehe. iyah, momen yang mendukung :D.
HapusBanyak pilihan kadang malah bikin lama, bingung, kayak semuanya diinginkan, hehe.
Wahhaha, ternyata Mas juga, haha. jadi belajar dari pengalaman yah, Mas, bagi-bagi dong triknya. nguehehe.
hehe...kacih tau ndak ya :D
HapusKasik tahu saja, Mas. mahahaha, ngarep :D, awas kalau nggak *nodong pakai sapu lidi
Hapusdiskon besar kalo uang enggak ada ya sama juga ya he he
BalasHapusNah, itu dia, nyerbet saja (pegang bajunya saja, nggak beli), ehehe.
HapusFotonya membantu mempromosikan merek dagangnya tuh Cho, masa iya marah :D
BalasHapusdiskon dimana-mana di cari, sepertinya pepatah ada gula ada semut berlaku untuk diskon menjelang momen khusus ini.
Huahaha, iyah, Mbak, nggak main sensoran, biasanya tak sensor. tapi kalau bahas topik secara khsus, tak biarkan :D. semoga saja gak ada, hihi. begitu adanya, mbak, hihi. dikerubungi kayak gula, berjumbel, rameee :D
Hapusdiskon-diskon, ini dia yang ditunggu-tunggu ya mas heehee
BalasHapusBagi penikmat diskon jadi kesempatan besar, Mas :D :D
HapusBisa bikin heboh dan kalap belanja bagi yang lapar mata ya ;)
BalasHapusKalau nggak nahan diri, bisa jadi gitu, Bun. niatnya beli satu dua, bisa-bisa pulang lebih yang dibeli :D
Hapusharus hati2 juga kalau membeli barang diskon. Salah2 malah merugikan kita
BalasHapusIyah, Mbak, harus jeli juga yah, supaya nggak kecolongan.
Hapusada POto nya Jefri
BalasHapusHhaha, iyah, Nora. pas di Royal kena jepret dia. eh itu di belakangnya, dekat anak-anak (yang kerudung kuning, tapi agak cream), itu Nisa, nyahaha. coba kemarin ikut, tambah seru, hhahay :D
HapusMasa2 menjelang lebaran sepertinya hampir semua penjual obral diskon. Tapi yang menjadi pertanyaan, apakah rumor klo harga dinaikkan dulu sebelum didiskon itu benar?
BalasHapusHampir semua tempat perbelanjaan menerapkan strategi tersebut, Mas. kalau itu di luar konteks yang saya bahas, kalau dipaksakan jawab, bisa bikin cacat bahas ini sendri :P
Hapusko bisa ya mas kebutuhan di bulan puasa lebih banyak, mungkin mau lebaran gitu jadi segala harus punya :D
BalasHapusSepertinya cenderung bertambah, Mas. kalau diperhatikan seperti itu. pengalaman sendiri dan sekitar, hihi. bisa jadi karena itu, kebutuhan yang diperlukan banyak :D
HapusHarus siap-siap beli baju baru nih. Mumpung masih ada diskon :)
BalasHapusHhaha, monggo Mas Sandy, hhihihi.
HapusCieeee.. Zaloraaaa.. :P
BalasHapusNyahaha, apakah pemikiran sama soal ini :D, mahaha :P
HapusAyo di serbu, borong barang barang diskon. hehe
BalasHapusSerbu Mas, serbu, hhaha. saya nontonin :D :D
HapusBulan ramadhan salah satu bulan yang dipenuhi berbagai promo dan diskon tapi nggak nyangka juga kalau zalora ngasih diskonnya sampe segede itu
BalasHapusBenar, Mas, momen seperti ini banyak di keluarkan diskon. hampir sebagian besar melakukan hal ini. iyah, bikin ngiler :D
Hapusdiskon banyak itulah yang bikin THR habis :(
BalasHapusKalau kalap, bisa jadi gitu, Mbak. harus nahan emosi belanja :D
Hapusjatuhnya tetap sama aja Mas,walaupun diskon 70% tapi harganya sudah dipermahal sebelumnya :D
BalasHapusWah, begitu yah, Mas. mungkin saja yah *ekspresi polos, hihi.
HapusHahahaha.... pasti malu banget, Sob... Haha.... :))
BalasHapusAku kalo foto2 biasanya lihat2 dulu ada satpam atau nggak, hehe....
Malu pakai bingit, Mas. ahahaha :D
HapusWih, antisipasi yah, Mas. hihi. saya kedapatan salesnya :D
Iya mas, kalau saya bandingkan juga harga diskon dan harga waktu di hari - hari biasa tak beda jauh. Kalaupun diskon pastinya harganya udah dinaikin. Karena itu merupakan trik para penjual. Maklum sifat alami manusia lihat barang harganya murah dikit langsung kepincut. Nice artikel . . .:D
BalasHapusPenjual menerapkan strateginya, Mas. hhehe. enaknya sudah ada anggaran (tabungan) khusus untuk keperluan lebaran. jadi pada saat lebaran tiba, tinggal menggunakan uang tersebut. jadinya kerasa tidak begitu habis banyak, hihi.
Hapusuntuk urusan belanja sih dalam beberapa bulan terakhir ini, kami sekeluarga senannya belanja ONLINE. Kalau urusan DISKON sih biasayanya toko ONLINE agak jarang memberi potongan harga DISKON ini. Paling jarang memamg Kalau pun ada mungkin 10 persen.
BalasHapusSedangkan kalau urusan belanja sungguhan di lapangan, belanja di Pasar atau di Mall, saya sekeluarga memang niat membeli barang (baju, atau pakaian) karena memang perlu. Tidak perdulu ada DISKON atau TIDAK, karena memang kami niat untuk membeli. Bagi kami sekeluarga membeli kebutuhan atau keperluan yang penting dan utama bukan karena ada diDISKON. Heiiehiehiehiehihee
Lebih praktis yah, Om Asep. tidak perlu desak-desakan sama pembeli lainnya. hanya modal koneksi, tinggal pilih barang yang diinginkan. kadang malah barang online gak ditemui di tempat perbelanjaan langsung. hhehe.
HapusOh begitu, jadi memang karena sudah butuh yah, Om. pas ada diskon, sudah nggak terlalu menghiraukan. soalnya barang yang dibutuhkan sudah dapat, atau pun kalau memang dibutuhkan akan tetap dibeli, berapapun yah. eheheh.
Hehehe iya benar meski dibilangin gak papa, tetap harus dibantu dong kalo kita bertanggung jawab :)
BalasHapusAsyik, ini job review ya? :)
Oya met lebaran ya .. insya Allah besok lebaran. Maaf lahir batin :)
Hihihi, iyah, Bun, benar-benar nggak enak soalnya. tupukan spatunya yang roboh banyak, sekalipun dikit, tetap akan tak bantu, bentuk tanggungjawab:)
HapusHihih, Bunda nebak nih :D
InsyaAllah, Mohon maaf lahir dan batin juga yah, Bun ;)
ini yg disukai orang indonesia :D
BalasHapusBenar, diburu kalau ada ginian, hihi.
Hapus
BalasHapusTAS TERBARU
Tas Selempang Pria Wanita
TAS RANSEL
TAS RANSEL laki
TAS RANSEL wanita
MODEL TAS LAKI
MODEL TAS WANITA
BalasHapusTAS TERBARU
Tas Selempang Pria Wanita
TAS RANSEL
TAS RANSEL laki
TAS RANSEL wanita
MODEL TAS LAKI
MODEL TAS WANITA