Perkembangan
teknologi di Indonesia kian melesat. Jika kita mengingat dahulu, untuk
mengakses internet saja sukar dilakukan dan membutuhkan biaya yang tidak murah.
Namun, rasanya semua itu sudah tidak berlaku lagi untuk saat ini. Apalagi
dengan menjamurnya keberadaan smartphone,
phablet, dan tablet, di kalangan anak muda, semakin memberikan kemudahan dalam
hal akses internet. Interaksi dan komunikasi antar invidu maupun kelompok,
dapat terhubung tanpa adanya batasan ruang dan waktu.
Inilah
yang mengingatkan akan pengalaman pertama saya saat membuka rekening di myBCA
yang terletak di Mall Ciputra World Surabaya, pada hari Jum’at, tanggal 29 Agustus 2014 lalu.
Yiahaha, benar!, saya punya rekening baru, yaitu Tahapan Xpresi BCA*yeyeye.
Banyak juga hal baru yang saya peroleh selama membuka rekening tersebut, dan tak
sedikit pula membuat saya harus menelan ludah dalam-dalam. Sungguh, proses
pembukaan rekeningnya di luar ekspektasi saya.
Jujur
saja, awalnya saya gak ngeh, ketika
mbak Elvina (duty officer myBCA)
mengantarkan saya masuk ke dalam ruangan Tahapan Xpresi, yang memiliki luas
kira-kira 1.5 x 1.5 meter. Di
dalam ruangan tersebut ada satu unit perangkat yang disebut Video Banking Kiosk (VBK),
lengkap dengan berbagai fitur dan kegunaannya.
Lantas, saya mengira dia akan
menjelaskan lebih jauh mengenai Tahapan Xpresi, namun lebih dari sekedar
itu. Setelah dijelaskan penggunaannya, barulah saya sadar kalau dengan
perangkat itulah pengajuan pembukaan rekening dilakukan. Hah?.
*) Dua ruangan untuk pembukaan rekening
Tahapan Xpresi
*) Ini dia perangkat yang dimaksud (mesin VBK)
“Yah, jadi bener-bener buat sendiri nih, Mbak?
Nggak ditemenin?.” tanya saya kepada Mbak Elvina.
“Oh, nanti ada yang bantu kok, Mas.” jawab
Mbak Elvina ramah.
Hah? *lalu saya pun kebingungan.
Ternyata bener saja gitu, setelah
menekan tombol, muncul seorang Customer
Service (CS) cantik yang siap membantu mengarahkan saya membuka rekening
Tahapan Xpresi. Ya, memang tidak ada kehadiran fisik dari CS, melainkan dengan
sambungan video conference atau
teleconference.
Sensasinya gimana gitu yah, kayak agen
di film-film Hollywood ketika
berkomunikasi dengan partnernya,
hahaha. Euum, pokoknya berbeda jauh dengan berhadapan langsung dengan CSnya,
yang pada saat itu dilayani oleh Mbak Iis.
*) Video Banking dengan Mbak Iis, CS yang
melayani saya:).
Saya
sendiri ada di pojok kanan bawah, tuh. Lagi jepret :D
Keren
yah?, yang suka video call-an, seperti skype, YM, dan
sejenisnya, pastilah makin senang dengan pelayanan seperti ini. Hahaha.
Menurut
saya, prosesnya semakin memudahkan calon nasabahnya. Toh, tinggal duduk manis,
menyimak, dan mengikuti arahan yang diberikan. Mulai dari bagaimana penggunaan
mesinnya, hingga cara-caranya semua dijelaskan secara terperinci oleh CSnya.
“Bagaimana Pak Richo, sampai dengan tahap
ini, apakah informasi yang saya berikan sudah jelas?”, begitu yang sering
Mbak Iis tanyakan, sekedar memastikan saya dapat mengikuti tahapan dari
prosesnya, atau sebaliknya. Sejauh yang saya peroleh, sudah jelas sekali
penjelasan yang diberikan.
Ngomongin
persyaratannya pun juga tidak merepotkan. Bagi yang ingin membuka rekening ini,
berikut yang perlu dipersiapkan, diantaranya:
- Membawa identitas
diri, seperti KTP/SIM
- Menyertakan NPWP,
sebagai dokumen pendukung
- Setoran awal
hanya Rp.50.000,-
Kalau belum punya NPWP gimana?, tenang,
kita senasib! *EH, hhaha. Lah iyah, saya gitu soalnya, hihihi. Karena belum wajib pajak. Berdasarkan
persyaratan yang pernah saya baca, kalau NPWP bisa diwakili milik orang tua (fotocopy).
Alhasil, saya sempat bawa ketika itu,
namun kata CS, KTP saja sudah bisa diterima. Namun, nantinya setelah punya NPWP,
kita disarankan untuk melakukan pembaharuan data di cabang-cabang BCA terdekat.
Yuhu, pihak bank mengerti realitanya kok, bahwasanya para mahasiswa sebagian
besar belum tentu memiliki NPWP. Jadi tidak perlu cemas yah, tidak akan
dipersulit kok.
Syarat NPWP
sendiri merupakan peraturan dari Bank Indonesia (BI). Silahkan, dapat
dibaca
melalui peraturan nomor 14/27/PBI/2012,
tentang “Penerapan Program Anti Pencucian
Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme Bagi Bank Umum”. Terdapat pada
Pasal 14.
Perlu
diketahui, Tahapan Xpresi ini (awalnya) dikhususkan bagi kalangan anak muda.
Seperti halnya jargon yang diusung “Saatnya Anak Muda Ber-Xpresi, Kreatif,
Dinamis, dan Semakin Eksis”. Namum, seiring berjalannya waktu, kini
sudah mencakup berbagai lintas usia. Tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan
mahasiswa saja, tapi sudah mencakup orang tua, lansia dan bahkan anak di bawah
umur 12 tahun pun juga dapat memiliki tabungan ini.
Engg.. yang penting sih mereka punya berjiwa muda!. Jadi biar
semua bisa ikut eksis. Hehehe. Sedangkan untuk persyaratan umum dapat dilihat
melalui tabel berikut ini:
*) Capture persayaran pembukaan rekening Tahapan Xpresi.
Selengkapnya dapat di akses di sini
Sebagian
besar dari proses pendaftarannya dilakukan secara elektronik. Karena sudah
banyak meninggalkan cara-cara manual. Seperti pengisian formulir tidak lagi
ditulis dengan pulpen, melainkan langsung diketik melalui layar full touchscreen-nya. Beberapa opsi yang dipilih juga sama, tinggal diceklis. Ampun
dah, benar-benar di luar dugaan saya.
Bagi
kalangan anak muda, saya yakin tidak akan menemukan kendala berarti. Jikalau
ada, semua akan dibantu oleh CSnya. Jadi, tidak perlu menghawatirkan apapun.
Enjoy bro, ngahaha.
Gimana,
prosesnya mudah sekali, kan?. Iyah, semudah seperti kalian update status di facebook melalui smartphone, hehehe. Kalau saya beri gambaran sedikit, akan seperti
ini beberapa fungsi VBKnya:
*) Penjelasan berdasarkan nomer
- Card
Issue, tempat keluar kartu Paspor Xpresi-nya.
- Print
A4, untuk print dokumen jika diperlukan
- Call
Duty Officer, salah satu fungsi tombolnya, yaitu “Call”, dibutuhkan
jika ingin memanggil duty officer untuk membantu dan mendapatkan kelengkapan
berkasnya. Salah satunya memperoleh key BCA.
- Cash
In/Out, digunakan untuk memasukkan uang sebagai saldo awal pembukaan
rekening.
- Barcode
Scanner, untuk scan barcode KeyBCA dalam rangka registrasi KeyBCA.
- Layar
Transaksi, pengisian dan input data nasabah semua di sana.
- ATM
Card Slot, verifikasi setelah kartu ATM (Paspor Xpresi) selesai dibuat.
- Camera
dan Layar Interaksi, untuk sarana video conference dengan pihak CS.
- A4
drop box, meletakkan dokumen berisi pernyataan yang harus
ditandatangani secara manual (setelah melalui proses pemindaian).
- Scanner,
untuk scan KTP/NPWP dan lembar pernyataan yang telah ditandatangani.
- Signature
Pad, sebagai sarana nasabah untuk tanda tangan secara elektronik.
Desain
kartu Paspor Xpresi (yang berfungsi sebagai kartu ATM dan debit) nya lucu-lucu,
hadir untuk memenuhi selera anak muda. Tema desain kartunya mulai dari I Love Indonesia, hingga hobi-hobi
seperti Music, Sports dan Xpresi gayaku.
Oh yah, tak ketinggalan untuk kalian yang suka ber-selfie, dapat memilih
desain dengan foto sendiri di Paspor Xpresi-nya.
Eng,
pasti banyak yang memilih yang terakhir yah?, huhaha. Penasaran dengan
desain-desainnya, bisa dilihat dari gambar di bawah ini:
*) Lebih dari 30 desain, belum
termasuk desain bingkai yang
khusus pakai foto sendiri (gambar diambil dari bca.co.id)
Lah, kamu pilih yang mana, Cho?, saya
memilih yang “Xpresi gayaku”,
bergambar lima robot. Padu padan warnanya elegan, seperti kue, *eh. Hahaha. Ok,
begini penampakan ATM yang saya buat itu:
*) Taraaaaa, keren kan pilihan saya?
*diiyain saja :P
Dengan
selesainya itu, saya sudah bisa melalukan transaksi di mesin ATM. Haha, iya,
iyah, saldonya masih sedikit :D. Selain itu, juga bisa memanfaatkan fasilitas
e-banking. Tinggal mengunjungi klikBCA di www.klikbca.com, atau jika menggunakan smartphone, bisa mengakses melalui https://m.klikbca.com.
Untuk
menggunakan KlikBCA diperlukan KeyBCA, yang berguna mengamankan transaksi
finansial di KlikBCA. Kalau belum punya, otomatis hanya bisa melakukan
aktifitas non finansial, seperti cek saldo dan mutasi rekening. KeyBCA seperti
ini:
*) Key BCA bentuknya seperti kalkulator mini
dan
akan
diberikan buku panduan, seperti yang ada di
gambar di atas.
Itulah
tahapan akhir yang saya lalui. Puji syukur, proses pembuatannya berjalan dengan
lancar tanpa ada kendala berarti. Eh, hampir lupa, berhubung saya membuka
rekening melalui video banking, jadi saya berhak mendapat souvenir berupa jam digital.
Catat
yah, souvenirnya nggak selamanya ada,
loh. Buruan, selama persediaan masih ada. Kan, sekalian bisa mendapatkan ini:
*) Lumayan ditaruh di kamar kosan, hahahai
Uniknya
lagi, Tahapan Xpresi ini tanpa buku
tabungan, loh. Jadi kalau ingin melihat transaksi, semua dilakukan melalui
internet banking (KlikBCA). Dengan begitu, nasabah sudah dapat melihat record transaksi sampai dua bulan ke
belakang. Tidak perlu repot print buku tabungan segala, sudah tidak ada lagi
ceritanya, hihi. Yap, tinggal mengakses melalui smartphone pun sudah bisa mengetahui informasi transaksi yang dibutuhkan.
Semakin fleksibel yah.
Sampai
tulisan ini dipublikasikan, masih tergambar jelas betapa serunya membuka
Tahapan Xpresi di sana. Sayapun masih ingat tiap penjelasan demi penjelasan
dari Ibu Lilik, beliau selaku Kabag myBCA di Mall Ciputra. Melalui
penjelasan beliaulah, saya banyak mendapat pengetahuan mengenai myBCA
yang terletak di lantai II, Mall Ciputra World Surabaya ini. Mulai dari
keunggulan teknologi yang digunakan, fasilitas, bermacam produk dan lain
sebagainya.
Di
Indonesia masih ada dua lokasi, di Mall Ciputra World Surabaya dan di Mall
Gandaria City Jakarta. Dengar-dengar sih, katanya dalam tahun ini akan dibuka
juga di beberapa tempat baru lagi. Selama berada di myBCA sana, banyak sekali
informasi yang saya peroleh karena myBCA tidak hanya melayani pembukaan
Tahapan Xpresi, tetapi juga banyak layanan lainnya, seperti;
Flazz
*) Kartu Flazz BCA Indonesia Open
Kartu
Flazz merupakan kartu prabayar multifungsi. Produk BCA ini berguna untuk
memudahkan transaksi pembayaran. Jadi bagi pemegang kartu Flazz, dapat
melakukan pembayaran dengan kartu Flazz di supermarket, minimarket, bayar
parkir, tol dan masih banyak lagi. Pembelian kartu ini melalui mesin Flazz
yang ada di myBCA harganya Rp. 100.000,- sudah termasuk saldo Rp.75.000 dan
Rp.25.000 untuk biaya kartu.
Selanjutnya
tinggal diisi ulang dengan nominal paling rendah sebesar Rp. 20.000,-, bisa
melalui mesin Flazz ini atau ATM Non Tunai. Di myBCA sana ada dua unit
mesin Flazz.
*) Vending Machine Flazz di myBCA
Halo BCA
Jika
Halo BCA sebelumnya menggunakan panggilan nomor telepon, hp dan melalui media sosial -selama 24 jam non stop
dan selama satu minggu penuh. Di myBCA kita juga bisa mengontak HaloBCA
melalui fitur komunikasi video call.
Tidak ada biaya, atau pulsa yang harus dikeluarkan karena layanan ini, GRATIS!.
Melalui
teknologi ini, nasabah juga dapat menyampaikan atau ingin memperoleh informasi
mengenai transaksi yang dibutuhkan. Dan dapat memperoleh solusi dari
permasalahan dengan cepat.
*) Ibu Lilik sedang mendemokan Halo BCA
menggunakan video banking
Information
Di
sini disediakan akses komputer layar sentuh yang menginformasikan produk dan
berbagai layanan yang ada. Disamping itu terdapat pula simulasi dari cicilan
dan info promo BCA. Seluruh informasi yang dibutuhkan, dengan mudahnya dapat
diakses, yang mana penggunaannya bak menggantikan keberadaan brosur.
Menariknya
lagi, penjelasan yang ada tak hanya dapat diakses di sana saja, tapi bisa juga
di-send ke email kita. Cukup menekan tombol di pojok sebelah kanan atas. Masukkan
nama dan email tujuan.
*) Digital Information PC. Akses informasi semakin mudah
*) Digital Information dengan simulasi menggunakan iPad
ATM
Di
myBCA
terdapat pula beberapa mesin ATM bagi pengunjung yang ingin melakukan
transaksi finansial. Kalau tidak keliru, di sana ada mesin auto print satu unit, penarikan tunai sebanyak 10 unit, dan setoran tunai sejumlah tiga unit.
Semua
diperuntukkan bagi nasabah yang sedang berkunjung di mall tersebut, agar tepat
dapat melakukan transaksi setoran dan penarikan tunai, maupun transaksi
non-tunai seperti: transfer, pembelian, pembayaran, pengisian isi pulsa, registrasi
m-BCA dan KlikBCA.
*) Suasana pengambilan di mesin ATM myBCA
Itulah
beberapa fasilitas yang disediakan di myBCA. Pemilihan lokasi di tempat
perbelanjaan di mall sangatlah strategis. Terlebih di sana dapat melayani
nasabah jauh lebih lama. Karena jam pelayanannya mengikuti jam operasional mall
itu sendiri, yakni mulai sekitar jam 10:00 -
22:00 WIB dan itupun selama satu minggu penuh. Khusus untuk kamu yang mau
membuka Tahapan Xpresi, jam operasionalnya mulai dari jam 10:00 - 20:00 WIB.
Sebagai
kawula muda, khususnya bagi para mahasiswa yang memiliki rutinitas perkuliahan
padat dan beban tugas yang tidak sedikit, belum lagi ditambah kegiatan
organisasi, tentu tidak mudah menyediakan waktu untuk bertransaksi perbankan di
antara kesibukan tersebut. Di sinilah myBCA hadir.
Dengan
dukungan teknologi yang digunakan, tidak hanya efisiensi waktu, tapi juga
interaktif dan menyenangkan selama berada di sana. Memang yah, tidak akan selesai
kalau diurai semuanya di sini. Yang jelas, secara keseluruhan saya puas dengan layanan yang
diberikan.
Rabu, 08 Oktober 2014
/
/
Label :
Review
Bagus banget deh artikelnya, saya baca dari awal hingga akhir
BalasHapusTerima kasih, Mas, sudah meluangkan waktu membacanya :)
HapusLiputannya mantep. Nilai Jurnalistiknya 9. Kalau ikutan Giveaway bisa menang
BalasHapusBetul yah Pak Asep Mas Richo pandai sekali membuat artikel sebagus ini
HapusAndai yang di makasud Pak Asep, pasti Blog ini pemenang nya. salam sukses :)
Kang Asep: Hhehe, segitunya, Kang, saya masih dan ingin belajar itu. mohon bimbingannya, Kang :). haha, menang kalau pesertanya saya sendiri :D
HapusMas Saud: Wua, Mas juga nih, berlebihan ah :D. pastinya, tapi seperti tadi, kalau pesertanya saya sendiri, ahahaha. salam sukses juga, Mas :)
Tulisannya seru, betah saya baca sampai akhir... Teknologi myBCA ini jadi bikin nggak ribet dan pobia lagi berurusan dengan bank
BalasHapusKalau nggak seru, tetap dibuat seru saja, Mas *eh, maksa :D. makasih :)
Hapusiyah, Mas, sangat-sangat memanjakan para nasabahnya dan dengan jam operasional yang banyak, bisa jadi alternatif untuk menghindari antrian, tinggal nyuri2 waktu saja :D
kereeen.. myBCA memang memudahkan deh
BalasHapusKeren habis, Mbak. pun juga gitu :)
Hapusmbak video call nya cantik2 :D
BalasHapusHuihihi, benar sekali, Mbak Nunu, jadi betah :D. Masnya juga *nah loh, haha.
HapusLebih memudahkan dan nggak ribet harus ke Bank, apalagi Jakarta macet belum antri di banknya
BalasHapusBertransaksi bisa dilakukan di manapun, dan kapanpun, hhehe. Pas lagi di mall yang ada myBCAnya bisa sekalian mampir sambil sambil berbelanja ataupun makan :D
HapusHahahaha..betul banget bikin mupeng kartunya bisa selfie.Anakku jadi tertarik bikin :)
BalasHapusHuhaha, dedek juga mau berselfie di ATMnya yah, Bun. hihi. gayanya seimut mungkin :D
Hapuskeren banget mas tulisannya,,super lengkap deh,,,
BalasHapusGak akan keren, kalau yang baca tidak. itu pengaruh mbak Dwinya deh, haha. kepanjangan yah, mbak :D
HapusMakin canggih aja nih pelayanan BCA...
BalasHapusYap, benar. sejalan dengan perkembangan teknologi, Mas. menjawab kebutuhan di era digital :)
Hapusmbak iis nya kece gan :D
BalasHapusdan dari waktu ke waktu pelayanan di Bca Semakin baik dan semakin Canggir kereeennn :)
Owhhh iyaa salam kenal yah gan dari Cinta Teknologi
Hapus@Mas Ainnul: sepakat, hhaha :D
Hapusbenar sekali, Mas, mengutamakan pelayanan yang berkualitas, sudah mengusung kecanggihan teknologi di dalamnya :)
@Cinta: salam kenal juga, terima kasih atas kunjungannya :)
kalo sepakat Toss donk :D haha
Hapus*tooossss
Hapusahahaha :D
hahaha seepp karena sudah toss berarti kita berteman :D gan itu souvenir nya kreenn yah ? :v
HapusBahaha, harus tos dulu yak, ahaha. iya, itu nyala ada lampunya warna-warni, Mas. bisa pakai batre atau dicolokkan ke charger standar :D
Hapuswihhh kerennn saya jadi mau nih :D
HapusLengkap sekali Mas Richo artikel tentang MyBca nya, saya yang tadinya
BalasHapusGak tau sama sekali, berkat artikel ini jadi rada paham nih Mas. makasih
Atas pengetahuan dari artikel ini. salam sukses dan ceria selalu Mas Richo :)
Kalau sudah curhat nggak bisa ngontrol, Mas, jadi panjang, hhohoho. wah, puji syukur, semoga ada hal baik yang bisa dipetik, yang buruk dari tulisan saya diabaikan, hhehe. begitu juga dengan Mas Saud, salam sukses dan ceria selalu juga :)
HapusMau lah itu souvenirnya.. haha
BalasHapusSini ke kos, boleh di lihat. kalau pegang, berarti membeli *eh. hhaha :P
Hapussaya paling suka layanan bca, mudah aplikasinya
BalasHapussukses
Setuju, Mbak, memanjakan nasabahnya, jadi betah :)
HapusSukses selalu juga.
BCA memang bikin mudah segala urusan ya mas :)
BalasHapusIyah, Mas Purnomo, semakin memudahkan dalam bertransaksi, Mas :)
HapusMantap surantap Mas Richo, laporannya lengkap banget, sayang ngga berani pilih kartu selfie :D btw BCA emang TOP BGT
BalasHapusHhehe, Bunda ada-ada saja :D. wahaha, iyah, Bun, nggak terbiasa berselfie, jadinya milih desain tersendiri. myBCA top pakai bingit, kalau kata anak gaul :D
HapusPenjabaran informasinya runtun dan gamblang sekali mas :)
BalasHapusBisa jadi Duta BCA nih :)
Terima kasih, Mbak Susi, sudah mengabaikan tata penulisan yang tidak benar dan lebih menilain baiknya saja. jadi terasa gitu, hihi.
HapusHaha, alhamdulillah, kalau bisa gitu, mbak :D
Lha wong bagus gituh kok, dibilang nulisnya gak bener hehe
HapusSukses terus ya :)
Terima kasih sudah menghibur saya, Mbak. akan dijadikan sebagai penyemangat untuk terus memperbaiki lagi, lagi dan lagi. seterusnya :)
HapusAmin Ya Allah, begitu juga dengan Mbak Susi :)
asyik, asyik, asyik.. lengkap sekali pejelasan tentang mesin video callnya itu..
BalasHapusBuat calon nasabah yang mau mencobanya, biar mendapat gambarannya, Mbak :)
Hapusmakin keren aajah bak BCA ya :D
BalasHapussalam dari anak madura gan
Iyah, Mas Febri, kecanggihan teknologinya mantap sekali myBCA :)
HapusWah, pade, Mas, oreng Madure kia :D *tooosss
liputannya komplit banget mas, eman2 kalo gak kesini.
BalasHapusTunggu apalagi kalau berbagai kemudahan perbankan bisa kita dapatkan di myBCA.
Mari kita tunggu inovasi2 perbankan terbaru dari BCA.
Hhehe, matur nuhun, Mas, sudah mampir :)
HapusYap, semua kemudahan dan kecanggihan teknologi perbankan itu bisa didapat di myBCA. kedepannya pasti makin mencengangkan :)
sebelumnya sudah pernah menonton video Tahapan Xpresi BCA ini, dan untuk artikelnya tak kalah menariknya.
BalasHapusOh gitu yah, Mas, hehe. menariknya dari Tahapan Xpresi BCAnya, Mas :)
HapusDan tentunya riview dari artikel yang anda buat.
HapusHhehe, terima kasih atensinya, Mas Dani :)
HapusMy BCA emang keren Mas. Pertama kalinya kesini selalu ingin tau semuanya. Habis mesin keren-keren sih :D
BalasHapusSetuju, Mbak. nggak habis pikir, ternyata perkembangannya sudah melesat jauh. serba layar sentuh yang mengagumkan :D
HapusMakasih untuk rekomendasinya, sejauhnya saya masih terikat kontrak dengan Mandiri hehehe maybe next time mau nyoba MyBCA.....
BalasHapusTerima kasih kembali, Mas. monggo, perlu dipertimbangkan untuk mencobanya. bocoran saja dari saya, puas. hhehe :D
Hapusmantep mas,,lengkap informasinya :), saya juga pengguna BCA dan suka dengan pelayanannya :)
BalasHapusTerima kasih, Mas, sedikit saja gambarannya, selebihnya bisa didapat di gerai-gerai myBCA. tos dulu, Mas, toooossss :)
Hapusmantap myBCA..memanfaatkan teknologi..apalagi penyajiaannya seperti inih..ditambah kart. Xpresi yg keren2..hehehe
BalasHapusBenar banget, Mas, serba teknologi yang bikin nasabah merasa nyaman dan senang berlama-lama di sana. pilihannya banyak pula :)
Hapusijin blogwalking duu gan, gak sempet baca semua artikelnya tapi hehe, ntr saya lanjut lagi, sukses selalu :)
BalasHapusHehe, monggo-monggo, terima kaksih sudah mampir, sukses selalu juga yah :)
HapusGileee... layanannya dan teknologinya oke banget... Konsumen jadi semakin dimudahkan....
BalasHapusAyo mas, rekeningnya diisi terus, nanti bisa buat tabungan nikah :D
Btw, kalo teleconference sama mbak-mbak CS yg cakep-cakep, mungkin malah jadi salting dan nggak fokus, hahaha....
Parah, Mas. bikin geleng-geleng kepala, keren habis. hhaha. sangat dimudahkah :)
Hapus088* barangkali mau dibantu, Mas, bahahaha. nyari kerja dulu buat itu :D
Awalnya saya gitu, Mas, haha. tapi lambatlaun, mulai cair. mbaknya asik-asik, tidak kaku dan sesekali bercanda. suasana gak dibuat tegang pokoknya :D
BCA memang menjadi salah satu bank idaman ya mas, semoga menang ya
BalasHapusSebagai nasabahnya makin betah, Mas. pun juga nasabah baru pasti akan tertarik dengan layanan yang diberikan myBCA :). gak ada pemenang, Mas. bukan GA :D
HapusSalam pagi Mas Richo di edisi 15 oktober ini, semoga Mas Richo makin sukses
BalasHapusSimak kemabli tentang BCA nya. tetap semangat dan berkarya. *salam ceria :)
Selamat menikmati hari ini, Mas. begitu juga dengan Mas Saud, sukses selalu. Hehe, terima kasih yah, Mas. sip, akan selalu berupaya :) *salam ceria :))
HapusBERARTI ITU BISA NGOBROL LANGSUNG BERHADAPAN DENGAN CS NYA YA BANG, WAAAHH, KERENNN, ADA MUSIKNYA JUGA ? .... KOQ SAYA BARU TAHU YAH HEHEEE....
BalasHapusBenar, Mas. kita berhadapan via video banking dengan CS yang langsung dari Jakarta :D. Musiknya mutar sendiri ah, hhaha.
HapusBCA emang keren ya
BalasHapusSepakat, Mbak El ;)
Hapusaku udah punyaaaaaa....ketjeh abis pokoknya!
BalasHapusTos dulu, Mbak *tos :D. bingit :D
Hapusdimana mana ada post kaya gini,
BalasHapuslomba ya mass??
Hihi, hasil liputan, Mas. dengan beberapa blogger, jadi kami pada nulis topik yang sama :D
HapusWah, BCA ini emang keren ya.
BalasHapusInovasinya tiada henti dan selalu yang terdepan :D
Btw, kalo CS-nya cantik2 gitu pasti semua pada betah ya, hahahah :)))
Setuju, Mas. Keren habis.
HapusTujuannya memanjakan nasabahnya, hihi.
Huahaha, saya merasa gitu, Mas :D :D
MyBCA memang sangat mantap Mas, tapi lebih mantap lagi sang Admin nya, yang dengan rapi dan jelas dalam menyajikan tulisannya. sip
BalasHapusBenar, Mas. Hhaha, Mas mah ada-ada saja. Mantapan yang ngomen dong *sungkem
HapusSemoga layanan ini bisa menghapus kesan kalau bank ini banyak dikenal bank capek antri yah Mas hehehe
BalasHapusMisal gak punya NPWP tetep bole daftar ya? Apakah harus menandatangani dokument tertentu?
BalasHapusWidih keren BCA, ternyata itu fungsinya toh saya pikir apaan sering liat di mall
BalasHapus