Cerita di balik pemilihan domain Richoku.com (bagian1)

Masih dalam suasana berbahagia, setelah mendapatkan buku terbarunya Raditiya Dika (KoalaKumal) dan selesai membacanya. Aaaaaaa.. kereeeeeeeen!! (baca: resensi Koala Kumal). Engg.. tapi kebahagian berikutnya ini yang paling membahagian. Dari pemotongan pita dan pelepasan burung merpati kemarin. Pertanda saya meresmikan blog baru yang beralamat di Richoku.com. Puji syukur, lancar dan sukses. Sukses?, yaa.. setidaknya menurut saya :D.  *diiyain aja

Jadi, kalau mau berkunjung ke sana silahkan, atau bisa baca openingnya di "Lahirnya Richoku.com tuk kedua kalinya". Yek, nih bocah malah promosi. Nyahahaha.. :P *kesambet

Di tengah kebahagian yang saya rasakan. Saya mau bercerita soal domain blog, Richoku[dot]com. Sebelumnya saya harus menarik nafas dalam-dalam dulu. Karena cerita ini agak mundur jauuuuuuuhhh, ke belakang. 


Tanpa basa basi lagi, begini awal kisahnya:
Pada zaman dahulu kalaaa.. hiduplah se-ekor Kancil.. Loh, loh, kok jadi kayak serial kartun anak-anak yang tayang di MN* tv?. *plak.

Eumm.. semua bermula ketika saya magang untuk pertama kalinya,di kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Sumenep. Lebih tepatnya di bagian Humas dan Publikasi. Waktu itu saya masih duduk di bangku sekolah kelas 2 (dua) di SMKN 1 Sumenep. Yihaaa.. yang anak SMK mana suaranyaaaaaa? *nyari teman :D

Singkat cerita, ada salah satu pegawainya bernama Mas Bimbim. Dia bertugas sebagai operator. Seperti menangangi SMS Center (Pengaduan Masyarakat) atau publikasi berita di web. Pokoknya urusan media publikasi dia yang hendel.

Gak heran, kalau dia bisa berlama-lama mantengin layar monitor. Karena sebagian besar tugasnya mengharuskan bersentuhan dengan komputer dan internet –selain membuat pidato atau kata sambutan yang digunakan ketua DPR.

Suatu ketika, disela-sela kesibukannya memainkan tuts keyboard menggunakan kakinya (jangan percaya), saya melihat dari kursi duduk pojok sebelah selatan yang saya tempati. Dia lagi hendak membuka akun emailnya.

Bimbimku...@yahoo...
(maaf, untuk kepentingan privasi, saya sensor alamatnya)

Itulah alamat email yang dia ketik di halaman login milik Yahoo itu. Cukup jelas terlihat. Karena komputer yang dia gunakan tidak jauh dari meja tempat saya duduk. Seperti orang yang sedang jatuh cinta pada pandangan pertama. Saya langsung suka dengan penggunaan akhiran ‘ku’ setelah namanya. Yah.. untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Alamat emailnya sangat membekas dalam benak saya. Sampek sekarang saya masih mengingatnya. *so sweet dah.

Ada ketertarikan yang membuat saya memilih mengikutinya. Gak lama setelah saya naksir dia *eh. Lalu saya membuat akun email baru. Email itu sudah saya niatkan memiliki awalan yang gak jauh beda dari kepunyaan Mas Bimbim.

Sambil mengucap mantra bimsalabim.. jadilah email baru ini: richoku_28l1br4@yahoo.co.id (ih, alay yak!). akhirnya, email baru itu sukses menggantikan cho2_libra@yahoo.com (email pertama saya. tapi sayangnya sudah terbujur kaku di kuburan. *tabur bunga). Tiap ada tugas sekolah, saya pasti menggunakan email baru tadi.

Dan dengan email itulah, akun pertama blog saya dibuat pada penghujung akhir tahun 2008. Blognya beralamat di http://say-hello-richoku.blogspot.com. Eh iyah, Say Hello?, ingatkah kalian, kalau pada tahun itu ada nama band indi yang lagi naik elang daun. Yah, Band Hello dan Say Hello adalah album pertamanya. Saya suka lagunya yang berjudul Ular Berbisa. Hhaha, ketahuan dah kalau inspirasinya dari sana :D.

Keberadaan nama itu kian merubah semuanya. Terbukti dari akun-akun yang saya miliki pun mengalami perubahan. Seperti username yang sebelumnya biasanya mengunakan: Chocho28 (Chocho nama panggilan saya dan angka 28 mewakili tanggal lahir), berubah menjadi richoku. Sampai-sampai ada dua teman sekelas saya yang memanggil “richoku”, bukan Richo atau Chocho.

Setelah makin banyak mengenal media sosial, penggunaan Richoku bak menjadi identinas pribadi yang saya gunakan di dunia maya. Seperti akun twitter @Richoku yang saya daftarkan di bulan Mei tahun 2009. Terus berlanjut ke beberapa akun berikutnya. Berikut ini di antaranya yang juga turut menjadi korban Richoku:

Gmail: richoku@gmail.com

Eh iya, saya punya dua blog dengan platform yang berbeda. Keduanya juga sama-sama menggunakan Richoku. Salah satunya alamat blog yang kalian baca ini (http://richoku.blogspot.com). Satunya lagi bernaung di wordpress, yaitu http://richoku.wordpress.com. Blog yang tadinya dibuat untuk ngisi tugas kuliah. Sayangnya nasibnya ngenes, gak terurus.

Nah loh, saya dari tadi banyak nyampah akun medsos. Banyak link gak penting berserakan. Haah.. kok jatohnya kayak promosi yah?, hhaha, gak ada maksud kok. Sambil menyelam minum air *eaa. Tapi dari sekian yang saya sebutkan, banyak diantaranya gak dipakai lagi atau ada yang sekedar bikin doang :P.

Itulah awal terbentuknya ide dalam menggunakan nama Richoku di dunia maya. Tapi, itu bukan satu-satunya alasan saya memilihnya sebagai nama domain blog, loh. Ada fakta lain yang menjadi faktor kuat memilih domain itu. Selanjutnya akan saya bahas di Cerita di balik pemilihan domain richoku.com (bagian2)". Nantikan episode selanjutnya. Alah, pret!.


Richo A. Nogroho
Sumenep, 11 Januari 2015
Hai, sudah baca yang ini?

59 Komentar. Tambahkan juga komentarmu »

  1. Selamat! Semoga semakin semangat ngeblognya :)

    BalasHapus
  2. wahh ternyata ada sejarahnya juga yah haha keren dan kebetulan mas rico saya juga lulusan SMK :D toss donk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide terbentuknya gitu deh, mas. hhaha. wah gitu?, jurusan apa kalau boleh tahu, mas?, saya akuntansi :D

      Hapus
    2. wahhh beda ternyata jurusannya kalo saya ngambil TKJ mas

      Hapus
    3. oww, anak TKJ. pas angkatan saya dulu gak ada, Mas. baru dua tahun berikutnya, pas saya kelas tiga, mulai ditambah TKJ, RPL. saya kuliah stara duanya ngambil komputer jaringan :D *tos

      Hapus
  3. wah maju satu langkah dari pada blogger lain, semoga isi dan domain sama baiknya serta semangatnya sebagus domain blognya, amin sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu langkah di belakang, mas :D
      Amin Ya Rob. terima kasih semangat dan doanya, mas *sungkem :D

      Hapus
  4. wah cukup berliku juga ya latar belakang penamaan domain richoku ini, semaoga makin sukses aja ngeblognya ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide didapat pas magang itu, mas. selepas itu keterusan dah, hhehe. Amin. makasih mas :D

      Hapus
  5. Oya ada yang lupa nie mas...
    sekalian ijin follow blognya ya biar silaturahmi makin lancar ke depannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, monggo-monggo, dengan senang hati, mas :)
      mari sambung kehangatan persahabatan blogger. yehehe.

      Hapus
  6. ternayata banyak sekali sejarah diblik nama domainnya , smga makin sukses dalam dunia ngblognya kang, oyaa seblmnya salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya alami begitu, mas. dapat ide pas magang, hhehe. Amin Ya Rob. begitu juga dengan Mas Hary. makasih banyak dan salam kenal kembali :)

      Hapus
  7. Saya juga punya blog di wordpress Dan nasip nya sama kayak punya nya agan gak keurus...

    Btw saya juga baru beli domain. Mampir ya...www.gunawanefendi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehehe, ada temannya, haha. tos :D
      wah, selamat dulu :). sudah meluncur. salam kenal yah.

      Hapus
  8. Ehm.. Richoku seolah ada yang memiliki gitu ya..

    Semoga yang punya juga gak jomblo.. jadi gak terkesan frustasi gitu :P

    Semoga makin gaul ngeblog yak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, salah satu alasannya itu juga, Mas *eaaa :D
      nah loh, sayangnya gak sejalan dengan maksud namanya itu, karena lagi jomblo *promo :D
      Amin, makasih banyak, Mas Edo :D

      Hapus
  9. wakakka kren gan, itu awalnya, nama saya bisa juga nie ditambah ku, albarku, wkakakaka, saya tambah nation belakangnya, semua akun rata2 begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah, mas. ahahaha, boleh tuh, ngahaha. coba saja pakai 'ku. sama deh kita :D

      Hapus
  10. Balasan
    1. Eksisnya ketinggalan yang lain, mas. hhaha. ngeksis sendiri :D

      Hapus
  11. widih ternyata ceritanya ... jatuh pada pandangan pertama hehehe ... Selamat ya Semoga semakin mengudara blognya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, kayak dangdut, kang. mari digoyang *eh :D. terima kasih banyak, Amin Ya Rob. oh iyah, maaf baru terbalas, kang. kelewatan kemarin, lupa jadinya kalau belum terbalas.

      Hapus
  12. W jadi pengen Domain
    tpi mikir lagi blog w masih sepi hahah

    salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk diganti juga, Mas. haha, ngompori :D
      lah, masak kalah sama blog saya, yang mana jauh lebih sepi loh. hhaha :D

      Salam kenal kembali :)

      Hapus
  13. Udah lama banget nih Bro gak main ke sini.
    Cinta pada pandangan pertama sama "ku" nih ya. Aku malah gak punya domain. Hhahahaha......
    Cuma gara-gara domain malah jadi cerita yang menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iyah Mas Hari. kangeeen *eh :D
      gak bisa dipungkiri, seperti itu adanya, mas. haha. saking gak mau ganti :P
      biar ada jejaknya di sini, mas :D

      Hapus
  14. Selamat ya... ada syukurannya gak? Eh, itu ketahuan suka ngintip dekstop orang lain sampe tahu apa yang diketikkin di sana. Nama Richo bagus, gampang diingat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mbak :). ada, syukur alhamdulillah, mbak, hohoho. lah, itu gak sengaja kedapatan lihat *ngeles. jaraknya dekat dari kursi duduk saya, mbak *masih ngotot alasan :D. wah, makasih, mbak, hhe.

      Hapus
  15. selamat buat blog baru blog.richoku.com...semoga makin sukses kedepannya gan...dan semoga bisa memberi pencerahan bagi blog lainnya, amin. salam sahabat blogger dan happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ini blog lebih lama dari domain utama, bang, hhehe. makasih banyak, Amin Ya Rob. berbagi cerita geje, hhehe. salam kembali, bang :)

      Hapus
  16. Kayak sinetron deh mas
    Pake ada seoson ke 2 hihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Domain yang tertukar, atau Tukang Domain naik Haji, mbak. hhaha :D
      dijewer mbak Susi *auu :D

      Hapus
    2. Nah tuh, bakal tayang bentar lagi di Ce' en en kan haha :D

      Hapus
  17. Kerenn gan blog agan simple tapi menawan. namanya juga keren semoga makin keren dah dengan nama barunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas Yos. Amin, doa sama untuk mas juga :), terima kasih banyak ;)

      Hapus
  18. Balasan
    1. doainnya sudah setahun lebih, mbak. yang baru sub domainnya, cuma ngisi di blog lama, dibanding domain utama, maih unyu2 :D

      Hapus
  19. seru juga ceritanya mas rico, saya malah belum punya domain, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau bilang garing gak enak yah, mas :D
      aah, nyamar, hhaha.

      Hapus
  20. doakan saya ya mas supaya bisa pelepasan burung merpati dengan adanya domain baru hikhiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ow, Amin Ya Rob. tinggal nunggu waktu, mas. nanti undang peresmiannya yah. makan-makan :D

      Hapus
  21. banyak banget blognya.. aku satu aja ga keurus maksimal. hehe
    jangan2 abis baca ini aku jadi pengen pake akhiran 'ku' juga nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya nasibnya gitu, satu saja ketetean, hihihi.
      hhaha, ayuk digitukan saja *ngompori :D

      Hapus
  22. saya juga suka lagu ular berbisa. yang versi metal, kalo ada, pasti lebih keren

    BalasHapus
  23. wahh Sumenep ya,
    selamat tim sepakbolanya ada di divisi utama sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa.. saya baru dengar, mas. hhoho. payah, orang Sumenep gak tahu. hihi. kurang ngikuti sepak bola :D *ditendang. tapi senang dengarnya. puji syukur :)

      Hapus
  24. Pemilihan namanya keren mas bin simple bin gampang di inget bin mantap bin apa lagi ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, makasih mas Budi. ditambah Ku, udah :D, hhehe.

      Hapus
  25. Biar lebih mudah dikenal, jadi pakai nama sendiri ya, mas.
    Kalo bikin blog baru pakai subdomain kayak gini, harus sewa hosting ga sih, mas? Masih belum paham nih..

    BalasHapus
  26. banyak banget blognya.. Semoga semakin semangat ngeblognya :)

    BalasHapus
  27. Wah boleh juga nih idenya. Menulis alasan pemilihan nama blog. Kenapa gak kepikiran dari dulu ya? Hehehe.... makachi sudah mengingatkan qaqa... :D

    BalasHapus
  28. Punya blog memang asik, apalagi sudah beli domain dan hosting sendiri. Semangat2 biar makin sukses ngeblognya. :)

    BalasHapus