Apakah Kecap Manis Harus Dihindari oleh Penderita Diabetes?




Katanya, segala yang manis-manis mesti dibatasi jumlahnya oleh penderita diabetes, termasuk kecap. Benar atau tidak, intip penjelasannya di bawah ini.

Kecap adalah bumbu yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Masalahnya, rasanya yang manis membuat penderita diabetes ragu untuk menuangkannya ke dalam makanan.

Pasalnya, meski terbuat dari kacang kedelai hitam, kecap mengandung gula yang cukup banyak sehingga berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Nah, kalau sudah begitu, apakah kecap mesti dijauhi juga oleh penderita diabetes?

Sebelum menjawab hal tersebut, perlu diketahui dulu batasan asupan gula harian yang diperlukan tubuh. Pada dasarnya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan batasan asupan gula untuk setiap orang per hari, yaitu 50 gram gula atau setara dengan 4 sendok makan.

Bagi penderita diabetes, dr. Andika Widyatama dari KlikDokter mengatakan bahwa mereka tetap boleh mengonsumsi kecap manis asalkan tidak lebih dari dua sendok makan. Lagi pula, sudah ada produk-produk kecap manis yang rendah gula di pasaran, sehingga Anda tak perlu terlalu khawatir dengan hal ini.

“Kecap manis yang rendah gula biasanya menggunakan pemanis dari daun stevia sehingga tidak memiliki kalori sama sekali. Para diabetesi tetap bisa memasukkan kecap manis ke dalam makanan sehari-hari, asalkan tidak berlebihan.” jelas dr. Andika.

Selain kecap, sebenarnya masih ada makanan lain yang bisa memberikan sensasi manis tanpa harus membuat penderita diabetes, yaitu:

  • Buah-buahan berindeks glikemik rendah
    Jeruk, anggur, apel adalah buah yang aman bagi penderita diabetes. Sebab, buah tersebut tidak memicu lonjakan kadar gula darah. 
  • Granola
    Granola merupakan campuran makanan yang terdiri atas oat, biji-bijian, kacang-kacangan, buah kering, madu (pemanisnya), dan bahan-bahan lainnya. Granola mengandung karbohidrat, serat, protein, dan lemak yang sehat. 
  • Dark chocolate
    Penderita diabetes boleh mengonsumsi cokelat asalkan yang dia pilih adalah dark chocolate.

Kecap manis masih boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes asalkan tidak lebih dari dua sendok makan dalam sekali makan. Jika Anda ingin mendapatkan rasa manis dari makanan selain kecap, tetapi tetap menyehatkan, cobalah konsumsi tiga makanan di atas. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir berlebih terhadap tingginya kadar gula darah.
Hai, sudah baca yang ini?

Belum ada komentar. Tambahkan Komentar »

Posting Komentar