Inilah 4 Dampak Berbahaya Jika Anemia Terus-menerus Dibiarkan

Sel-sel darah merah yang ada di dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting, diantaranya adalah untuk membawa oksigen dan juga sari-sari makanan untuk nantinya diedarkan ke seluruh bagian tubuh. Agar produksi sel-sel darah merah yang ada di dalam tubuh tetap lancar, maka hendaknya harus diimbangi dengan konsumsi sumber makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Karena senyawa inilah yang berperan sangat penting dalam pembentukan sel darah merah tersebut.



Bahkan mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda mengenai pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia bukan. Anemia termasuk dalam penyakit ketika tubuh kekurangan sel-sel darah merah. Masalah kesehatan yang satu ini nyatanya tidak bisa dianggap sepele, karena nyatanya bisa menyebabkan beberapa masalah serius. Berikut ini diantaranya dampak serius dari anemia, yaitu:

  1. Tumbuh kembang anak menjadi terganggu, tak hanya orang dewasa saja, nyatanya anak-anak sendiri juga begitu rentan untuk mengalami masalah kesehatan yang satu ini, ketika sudah demikian maka tumbuh kembangnya juga akan terganggu, berlangsung secara tidak optimal.
  2. Gagal jantung, penyakit ini terjadi karena jantung dipaksa untuk bekerja terlalu keras dalam memompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi tubuh, lama kelamaan akan mengalami pembengkakan bahkan juga beresiko sebabkan penyakit gagal jantung.
  3. Mudah terkena berbagai macam infeksi, sel darah merah juga berperan penting dalam mempengaruhi sistem imuns tubuh, ketika jumlahnya kurang, maka kekebalan tubuh juga akan mengalami penurunan, sehingga rentan untuk terkena berbagai macam infeksi yang menyerang tubuh.
  4. Menganggu kesehatan reproduksi, mulai dari haid yang tidak lancar, sampai dengan rentan sekali mengalami masalah pada kandungan, entah itu kandungan yang tidak kuat atau bahkan resiko melahirkan bayi secara prematur.
Jadi jika sudah mulai dirasakan tubuh mengalami gejala anemia, segera diatasi dengan konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan zat besi. Nyatanya senyawa ini perannya sama pentingnya dengan probiotik untuk kesehatan saluran cerna. Bisa dicukupi juga asupannya dengan mengkonsumsi suplemen zat besi.

Hai, sudah baca yang ini?

Belum ada komentar. Tambahkan Komentar »

Posting Komentar