Template baru, semangat baru (lagi)

Berikut akan membahas “wajah” baru dari blog sederhana ini. Sudah terlihat, bukan?. Tetapi masih diperbaiki, maaf, maksudnya masih disesuaikan dengan selera saya. Mengenai keinginan mengganti templatenya, sebenarnya sudah cukup lama. Bahkan, semenjak saya masih aktif Ngeblog

"Benar, Cho!, pasang muka polos saja, anggap tidak pernah terjadi apa-apa. Tetap fokus, ada saatnya menjelaskan itu." (preet!) 
Sebelumnya saya menggunakan template bernama Sensational. Kalau ingin mencobanya, bisa download di sini. Itu buatan Om Chandeep J (ah, sok akrab). Karyanya keren-keren, sudah mengusung Responsive Template. Untuk saat ini ada versi terbaru, yakni Sensational v3. Tapi, hasil modifikasi pihak lain. Kalau saya perhatikan tidak terlalu banyak perubahannya. Mencoloknya hanya ditampilan loadingnya, dan footer wrapper dihilangkan. Jika ingin mencoba dapat download di sini

Setelah seharian memilih, akhirnya ketemu juga yang sreg. Maka, terhitung mulai kemarin blog ini sudah menggunakan template baru. Beralih dari menggunakan Sensational, ke template yang bernama Sorbet (pakai O, bukan E). Hhehe. Oh iyah, barangkali ada yang ingin mencobanya juga, silahkan template yang saya pakai ini, bisa didownload di sini.


*) Tampilan terbaru 

Baiklah, akan sedikit saya ulas mengenai template baru ini. Baik dari alasan, perbedaan dari yang sebelumnya, dan lain sebagainya. Ok, langsung saja mulai dari bagian ini: 

Alasan diganti:
Apa yah?, nggak ada sesuatu yang mendasar. Hanya ingin nuansa baru saja, terutama pada warna dominan yang digunakan. Kalau kalian masih ingat tampilan blog saya dulu bernuansa biru, sementara sekarang serba coklat. Untuk kembali mengingatnya, berikut penampakan blog lama:

*) Tampilan lama, sebelum diganti

Alasan memilih Sorbet:
Tampilannya sederhana, sesuai jargon yang saya usung. Bagian yang paling saya suka di tampilan menunya, lebih tepatnya toggle di headernya. Fitur itu membuat tampliannya terlihat ringkas. Karena, menu atasnya dapat dibuka tutup. Sehingga elemen footernya menjadi padat, karena saya pindah ke menu atas, tidak seperti yang sebelumnya.
 
 *) Footer lama
 
*) Footer baru

Selain itu, template ini sudah responsive. Sebenarnya template lamapun sama. Cuman, waktu itu saya memaksakan menambah header sendiri. Imbahsnya pada tampilan mobile, terpkasa saya aktifkan. Sehingga fitur responsivenya tidak begitu berlaku.

Bagian yang dirubah:
Tentu warna dasar. Untuk saat ini saya menggunakan warna kesukaan saya, yaitu coklat. Paling kentara di bagian header, footernya dan sub menu di togglenya. Meski memakai degradasi warna, yang mana pada sebelah kiri warnanya lebih kuat.

Ngomong-ngomong, icon di menu togglenya juga saya ganti. Apalagi di menu “Media Sosial”nya sebelumnya berbentuk gambar hati (love). Ah, bagi saya pribadi, ganjel sekali kalau masih tetap memakai yang itu. Hhaha.

*) Aslinya ini. Lovenya itu loh!, unyu-unyu :D

Jadinya saya ganti, dan hampir keseluruhan. Kecuali icon pada menu “Pencarian”. Di lain itu, saya tambahkan satu lagi menu untuk Labelnya (garis merah). Untuk bentuk iconnya saya menyamakan dengan icon yang terdapat pada Label di setiap postingan.

*) Dibuat beda dengan aslinya 

Kendala:
Ada kejanggalan yang saya temui di template ini. Ketika saya bermaksud menempatkan widget pengikut blog di menu toggle “Konten”. Apa yang terjadi?, jumlah pengikut seolah tidak ada sama sekali. Huah, awalnya sempat kaget, tiba-tiba menghilang semua. Coba, perhatikan gambari berikut:
 
*) Aneh, yah?

Namun, beda cerita apabila ditempatkan di sisi sidebar. Jumlahnya menunjukkan yang sesuai adanya, dan berlaku normal seperti semestinya. Oleh karena itu, saya menempatkan widget yang bernama “Sahabat Blogger” itu, di menu samping kanan, bagian akhir. Coba lihat bedanya sama yang tadi:

 
*) Di sini muncul

Padahal saya ingin di menu samping kanan hanya menginformasikan mengenai isi saja. Kalau saya paksa ditempatkan di sana, gak enak, siapa tahu ada yang ingin join (kalau ada, hihi), malah gak muncul baginya. Entah, saya belum ngerti masalahnya di mana. Mungkin ada yang sudah pernah ngalami?, dan berhasil mengatasinya. Diharapkan solusinya yaah :D

Uniknya:
Keseluruhan simbol atau icon di template ini, tidak lagi memakai gambar, melainkan menggunakan salah satu webfont yang bernama Font Awesome. Seperti yang terlihat di menu toggle (pojok kanan atas), maupun icon pada footer  yang terdapat di bawah postingan.


Font Awesome sendiri memiliki banyak character berupa simbol atau icon, yang penggunaannya sebagai property sebuah element pada halaman blog/website. Jadi font ini dapat mengganti icon pada elemen tertentu, yang sebelumnya menggunakan file gambar. Kalau diperhatian proses loadingnya tentu akan lebih ringan dan cepat, dibanding menggunakan elemen gambar.

 
*) Font Awesome semua

Beda dengan template saya sebelumnya, semua masih pakai gambar. Seperti pada bagian ini:

*) Menggunakan elemen gambar

Target:
Masih banyak PR yang harus saya kerjakan. Molesnya saja masih tampilan luar, belum setelah artikel dibuka, kolom berbagi, komentar dan sebagainya. Meta content juga sama sekali belum ada yang dipasang. Huaaa, masih banyak yang ingin saya rubah. Banyak sekali!.

Setidaknya perubahannya membuat berbeda dari versi aslinya. Pun, tentu menyesuaikan selera sendiri. Ingat, selera saya jelek sekali. Jadi mungkin hasilnya tambah buruk dan malah berantakan. Maklum, nggak begitu ngerti. Amatiran!.

***
Kurang lebihnya seperti itu yang ingin saya ceritakan, mengenai perubahan template baru ini. Berbagai perbaikan akan dilakukan berjalannya waktu. Perlahan nantinya akan saya ganti satu persatu. Alah, kayak yang ngerti saja, Cho. Sehingga mendekati seperti apa yang saya inginkan.

Mudah-mudahan dapat menambah semangat baru, sesuai judulnya. Eh iyah, ada kata “lagi” dalam kurung. Yap, tidak jauh beda dengan pembahasan pada saat memasang header baru. Harapannya sih begitu juga, makin menambah gairah dalam Ngeblog. Karena belakangan ini sempat ... emm, eengg..ngg.. (ingat, Cho, ingat). Ok, abaikan!.

Terima kasih semuanya, sudah berkenan mampir di blog saya. Mohon maaf, kalau isinya kurang berkenan. Tetapi dengan semua ini saya tetap berharap, kita menjadi terhubung kembali. Melanjutkan kebersamaan yang pernah tercipta, maupun yang baru akan. Well, sampai jumpa di postingan selanjutnya. #salamrindu #salamblogger


Richo A. Nogroho 
Malang, 27 Juni 2014
Hai, sudah baca yang ini?

33 Komentar. Tambahkan juga komentarmu »

  1. Baaaaang.. Lama kali ngga update haaaaa.. Kuangeeeeeen.. :'(

    Templatenya bagus ih.. Ajarin donk buat masukin ke htmlnya.. Aku bikin blog baru soalnyaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii, mbak Beeeb. iyah, gak terasa, hihihi. samaaa, kangen jugaaaaaaaa :D
      Makasih, nemu yang ginian, simple. waa.. ngajari mah gak bisa. nggak begitu paham juga, hhaha.

      Eng, kalau sudah punya templatenya (ekstensinya *.xml), tinggal diupload saja, mbak. ke bagian Template, di pojok kanan atas ada tombol button "Cadangkan / Pulihkan". kalau diperlukan backup dulu, baru diupload. selesai. sebenarnya mudah kok, mbak, tinggal dicoba saja. ah, ini pasti nyamar nih :P.

      Wih, blog baru, mana-manaaa?, lihaat ;)

      Hapus
    2. Hihihi..

      Iyaaa.. Uda berapa hari ini masih berkutat sama si xml tapi kenapa pas uda diekstrak malah loading internet explorer ya? Apa emang kek gitu? Bingung euy.. Hahah :D

      Ah.. Belom launchiiiing.. Masih lamaaaa..
      Entar deh kalo uda kelaran, aku kasih tau :P

      Hapus
    3. Oh yaaah?, niat benar, jadi penasaran blognya buat apa gitu, hhaha. loading di IE?, mungkin kebuka di sana yah, mbak. jangan double klik, biasanya kebukanya di sana. diupload saja, selebihnya tinggal diedit pas sudah terpasang.

      Mengenai apa nih, blog pribadi sudah, apa untuk online shop?, kekekeke, sotoinya :D

      Hapus
    4. Wkwkwk.. Problem solved, Bang. Jadi tinggal upload aja ternyata.. Aku ngoding bentar sik, berharap biar bisa responsive.. Hahah..:D Makasih banyak yaaa sarannya ^^

      Ehm..
      Pure ngeblog Bang, tapi ngga ninggalin blog yang ini.. Heheh.. Nanti bakalan launching kok di Desember atau Januari.. In Shaa Allah.. :D

      Hapus
    5. Hhehehe, mbak Beb mah cari kesibukan lain tuh, haha. wehehe, semangat, semangat. sama-sama, sekedar curhat :D

      Ow begitu, wih makin niat Ngeblog, haha. ok, ok, ditunggu, dan nanti kabarai yaah :)

      Hapus
    6. Hihihi.. Iyaaa, soalnya penasaran.. Terakhir ya bikin template sendiri aja, yang sederhana.. Walaupun otak sampe ngepul dan ngeluarin asap.. Wkwkwk.. :D

      Iyaaa.. Alhamdulillah.. Pasti ngabarin kok, Bang.. Tenang ajaaa ^^

      Hapus
    7. Waha, jadi kecanduan, kalau sudah senang, ditekuni saja mbak Beb, dan bantu saya buaat, pesan :D

      Sip, sip, ditunggu looh, hahai ;)

      Hapus
    8. Hahah.. Cumak sekedar hobi kok, Bang.. Bukan buat komersil.. Heheh.. :P
      Soalnya jugak hasilnya ngga terlalu bagus..

      Okeeeeh :D

      Hapus
    9. Bagus, nanti kan saya bisa diajarin, ahai. biarpun dikomersilkan, kalau saya maunya dibuatkan gratis saja yah, mbak. nuahaha.

      Siiiiiip, hehe.

      Hapus
  2. Keren nih template barunya :)

    BalasHapus
  3. Kotak komentar Facebooknya belum kelihatan lagi, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iyah, mas, memang belum saya pasang, dan sepertinya tidak ingin lagi memakai dua kolom komentar sekaligus. entah, kalau ingin lagi, tak pasang seperti dulu :D

      Hapus
  4. Wah, lama gak BW ternyata habis dirombak2 yah blognya. Semoga tambah semangat & sesuai selera :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, iyah sudah lama saya gak Ngeblog, mbak. bentar lagi akan mulai rajin BW lagi, hhehe. Amin Ya Allah, terima kasih :)

      Hapus
  5. Selamat menikmati template baru...

    BalasHapus
  6. Iya ih kemana aja mas richooo. Semoga betah dan makin rajin blogging dengan rumah baru ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada satu dua hal, alasan semua, hehe. Amin Ya Rob. makasih, mbak Nunu :), insyaAllah gak akan separah kemarin lagi. kemarin tuh sudah kelewatan. he.

      Hapus
  7. semoga dengan template baru ngeblognya jadi lebih semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiiin. terima kasih :). iyah, diusahakan lebih semangat, yehe.

      Hapus
  8. Selamat datang kembali,,lama sekali ya tidak ngeblog,,ah,,jadi kangennnnnn ama tulisannya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasiiih, hehe. iyah lama sekali, mbak. hhohohoo. nggak kerasa sebegitu lamanya. aah, mbak mah ada-ada saja. nggak kangen ke sayanya?, huhhaha. makasih yah, mbak Dwi :)

      Hapus
  9. inilah enaknya kalau platformnya blogger banyak template gratisnya dan gampang kalau mau ganti template kalau yang lain ribet,heheh atau apa karena saya tidak pernah pake yang lain sehingga tidak tau gimana cara ganti template di platform lain selain blogger,... salam kenal mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, banyak bertaburan yang free, hhehe. kalau itu mungkin mas belum nyoba saja. hehe. salam kenal kembali, mas :)

      Hapus
  10. Waah.. kok mirip dengan saya.. kemarin ga update blog 2 bulan, begitu mau mulai ngeblog lagi cari nuansa baru dengan tampilan blog. Memang cara ini ampuh juga yaa buat nambah semangat..

    Salam Blogger.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduu, kemiripannya tiga poin, mas. pertama sama-sama dua bulan, kedua cari nuansa baru dan ganti template. haha. tos:D

      Iyah, mudah-mudahan dengan seperti itu, kita semakin semangat. hehe. Salam kembali :)

      Hapus
  11. Ah, akhirnya buat postingan lagi. Malah dengan tampilan baru yang serba coklat. Bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji syukur, insaf sudah, Bun, huihihi. sekalian membawa suasana baru, warna kesukaan, hehe.

      Hapus
  12. Wah begitu datang lagi udah ganti saja desainnya. Tampak lebih compact dan teduh. Mocha nih temanya. Tapi header nya udah ndak ada gambar karikatur ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar pangling, hhaha *pret, hihi. bisa juga, hhehe, The Cho-cho (nyambung sama nama panggilanku, mas, hhehe). oh iyah, sudah dipertimbangkan, jadinya mungkin untuk saat ini nggak makai header lagi, malu dia nongol di pojokan :D

      Hapus
  13. Saya juga pake sorbet. Keren banget itu gimana cara ngeditnya?

    BalasHapus